Wednesday, April 11, 2012

6 Hal Sebelum Memulai Bisnis Dengan Teman

Ada banyak teman di sekitar anda yang mencoba melemparkan sebuah ide-ide gila untuk membuka peluang, saya sarankan jangan dulu di abaikan, mungkin saja ide tersebut adalah ide yang akan membuat anda menjadi orang yang sukses dalam berbisnis.
Memulai bisnis dengan teman adalah bukan merupakan sesuatu yang bisa di anggap enteng, akan tetapi jika anda mempunyai mitra yang benar-benar tepat untuk membuat suatu usaha dengan teman anda kenapa tidak, mungkin  keputusan seperti itu adalah keputusan yang paling tepat dalam hidup anda atau bahkan sebaliknya.
Nah untuk itu ada baiknya anda mengikuti langkah-langkah berikut sebelum memulai bisnis dengan teman anda

1.Gunakan Sejarah Pertemanan anda sebagai keuntungan
Ketika anda telah mengenal teman anda lebih dari 10 tahun, mungkin anda telah benar-benar mengenal karakter masing-masing untuk memulai usaha. Dari sini anda bisa membagi tugas masing-masing apakah anda sebagai eksekutor di lapangan dan teman anda sebagai  marketing nya atau sebaliknya. Dari sini anda bisa mengetahui karakter kuat untuk mengetahui peran masing-masing dalam menjalankan usaha. sebaiknya hal ini di bicarakan dan di sepakati sebelum anda benar-benar memulainya.

2. Learn How to Fight
Ketika anda berusaha mencoba membangun sebuah usaha dengan teman anda, terkadang ada saja ketidak sesuaian ide dan gagasan dalam perjalanannya. Hal ini biasa terjadi, jika anda atau teman anda tidak siap maka usaha anda akan kandas di tengah jalan sebelum berhasil mencapai tujuan yang di inginkan. Jangan campur adukan antara perasaan dan bisnis, ini sangat tidak profesional dan dapat mengakibatkan ketidakstabilan usaha karena adanya konflik kepentingan diantara kalian berdua.

3. Luangkan Waktu Bersama
Ketika terjadi konflik atau perselisihan cobalah untuk diselesaikan secepat mungkin, luangkan waktu bersama dan rehat sejenak untuk merenungkan tujuan dari masing-masing ketika berniat membuka bisnis bersama

4. Self Belonging
Semua pendiri perusahaan berjuang untuk menerapkan hal ini pada para karyawan nya, dan partner bisnis anda yang sudah anda kenal lebih lama sebelum usaha ini didirikan, anda harus berusaha keras untuk memastikan semua orang yang terlibat dalam bisnis tersebut merasa bahwa mereka ada di dalam tim dalam pencapaian suatu tujuan yang maksimal, dan hal ini harus ddiperjuangkan terus-menerus sampai mereka benar-benar merasa ada dalam tim yang kuat dengan rasa kepercayaan dan tanggung jawab yang tinggi untuk kelangsungan hidup perusahaan.

5. Jangan Mudah tersinggung ketika teman anda membuat bingung
Hal ini bisa terjadi dan itu normal karena setiap orang punya pandangan yang berbeda-beda. kepala boleh sama hitam tapi isi tak akan pernah sama, jadi pahamilah itu

6. Tetap Menjadi Sahabat
Sangat sulit untuk tetap fokus pada jalinan persahabatan yang dibalut dengan rekanan bisnis. Akan banyak sejuta hal terjadi dalam perjalanannya, dan ketika itu terjadi ingatlah pada akar hubungan yang telah lama terjalin, ketika pergi bersama ke suatu tempat belanja, nongkrong dan berbagi bersama, maka jadikanlah persahabatan adalah akhir dari segalanya.

0 comments:

Post a Comment