Friday, April 20, 2012

Rahasia Sukses Memulai Usaha

Sering kali kita di buat bingung ketika kita akan memulai usaha, karena ke tidak tahuan dan minimnya pengetahuan tentang dunia usaha itu sendiri, bagaimana memulai usaha dengan baik agar usahanya lancar dan berhasil,  berbeda dengan orang yang memang sudah punya pengalaman atau minimal tahu cara berbisnis.


Acap kali hal ini dapat menurunkan niat yang sudah melambung tinggi untuk berbisnis dan tak jarang orang banyak yang gagal di hari pertama memulai usaha.


Sebetulnya cara untuk memulai suatu usaha sangatlah mudah dan gratis tanpa biaya sedikitpun. Syaratnya hanya satu, mulailah dengan memiliki sebuah MIMPI. Karena dengan bermimpi Anda dapat menciptakan ide bisnis yang luar biasa, hingga akhirnya ide bisnis tersebut diolah menjadi sebuah usaha baru yang menguntungkan.

Untuk itu saya ingin mencoba menuturkan beberapa langkah-langkah kepada anda ketika berniat untuk memulai usaha. 
  1. Tentukan Konsep Bisnis apa yang ingin di jalankan
    Sebaiknya sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat atau bakat yang kita miliki, lalu disesuaikan dengan market yang ada di sekitar tempat anda ingin membuka usaha. Orang-orang yang sudah lebih dulu sukses dalam berbisnis kebanyakan berawal dari usaha yang memang benar-benar mereka sukai lalu di sesuaikan dengan peluang pasar dan terjadilah sebuah peluang usaha yang kemudian di olah menjadi usaha. Dengan cara seperti itu mereka menjalani dan mengembangkan bisnis mereka dengan perasaan enjoy. Dengan sedikit "rekayasa" sebaiknya anda berani tampil beda dari pasar yang sudah ada, dengan cara seperti itu diharapkan pasar akan melirik ke bisnis anda karena perbedaan dari pasar yang sudah ada.
  1. Buatlah visi dan misi usaha
    Setiap bisnis pasti ada resiko dan kendala yang akan menghadang perjalanan bisnis anda, tapi anda tak perlu khawatir karena hal ini sangat normal sekali bahkan dapat membantu anda untuk mengembangkan bisnis anda, tanpa ada kendala anda tidak akan tahu apa yang kurang atau yang lebih dari bisnis anda, dan dari sini pula anda belajar mengoreksi.Untuk itulah diperlukan sebuah visi dan misi usaha yang jelas untuk membantu anda tetap fokus pada bisnis yang di jalankan, sekecil apapun bisnis anda hal ini perlu anda pikirkan.
  1. Tentukan target pasar.
    Hal ini perlu anda lakukan untuk memetakan bisnis yang akan anda jalankan agar anda lebih fokus mengelola pasar yang menjadi target sasaran.
  1. Action
    Setelah anda memiliki konsep usaha yang benar-benar cocok dan anda Minati yang akan di konversi menjadi sebuah bisnis besar dengan visi dan misi usaha yang jelas, langkah selanjutnya adalah merealisasikan apa yang sudah di konsep kan. Sebaik apapun ide bisnis yang kita miliki, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika kita tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang Anda rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan.
  1. Jangan Cepat Puas dengan Konsep yang sudah ada
    Jangan malas untuk selalu melakukan perubahan dan perbaikan mengenai konsep yang anda jalankan, hal ini seering terjadi di karenakan konsep awal memang perlu penyesuaian dengan pasar yang ada, hal ini terjadi setelah bisnis mulai dijalankan, Amati selalu perkembangan dan kebutuhan pasar, ini akan sangat membantu anda mengembangkan bisnis. Belajarlah dari pengusaha yang telah dulu sukses dari bidang yang sama dengan anda, lakukan sedikit inovasi agar tidak terkesan sama dengan mereka.
  1. Jangan Cepat Putus Asa ketika Bisnis Tidak Sesuai Dengan Yang di harapkan
    Membangun sebuah usaha hingga sukses tidaklah mudah, adanya hambatan serta resiko kegagalan hampir selalu membayangi setiap usaha. Untuk itu sebaiknya kita harus selalu berpikiran positif terhadap hambatan serta kegagalan yang ada, karena dalam tiap kesulitan akan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras. Tanpa kita sadari, dalam keadaan terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Oleh karena itu, hadapi, hayati serta nikmati hambatan usaha karena akan menguatkan mental usaha kita dan menambah kemampuan kita dalam membangun usaha.
Dengan ketekunan dan kegigihan dibarengi dengan niat yang kuat, saya yakin anda bisa mewujudkan mimpi-mimpi anda dan mencapai kesuksesan yang maksimal. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan berbagi dengan yang lain ketika kesuksesan menghampiri anda, karena dengan berbagi rejeki akan selalu bersama anda. 



0 comments:

Post a Comment