Tuesday, April 10, 2012

Cara Membuat Kesan Pertama Yang Baik Di Hari Pertama Kerja

Tidak ada yang lebih menegangkan dari wawancara kerja sampai keputusan kepastian diterima atau tidak di perusahaan yang di lamar. Ketika anda diterima langsung pikiran melayang membayangkan hari pertama anda dimana meja kerja sudah menunggu, dengan bertemu banyak orang baru yang masih asing, suasana yang baru plus beberapa pasang mata karyawan lama akan tertuju pada anda di hari pertama kerja, mungkin diantaranya anda yang begitu antusias menyambut tapi tak jarang pula yang menatap dengan tatapan seolah ingin menerkam anda. Situasi seperti ini sering terjadi dan normal didunia perkantoran, dan mungkin anda salah satu yang pernah mengalaminya. Anda harus siap menghadapi situasi sulit seperti ini di hari pertama kerja.
Tentunya situasi ini terkadang membuat anda stress dan terkadang mengalami sulit tidur untuk beberapa kasus tertentu. Namun ada cara yang menyenangkan untuk melalui hari pertama anda dengan memberikan kesan yang baik pada teman-teman baru dan tentunya Bos baru anda.
1. Persiapan Pagi Hari
Bangunlah lebih awal dari hari-hari biasa anda bangun di pagi hari agar bisa datang 15 menit lebih awal. Mungkin anda akan membutuhkan lebih banyak dari itu ketika lalu lintas tak bersahabat karena kemacetan di pagi hari dengan melalui rute ke kantor yang masih asing. Belum lagi anda harus mencari tempat parkir dan meja baru anda di kantor. Selain memiliki ekstra waktu yang cukup di pagi hari, bangun lebih awal juga memungkinkan anda untuk dapat mempersiapkan mental di hari pertama kerja.
2. Di Kantor
Menjadi anak manis di hari pertama kerja sepertinya tidak berlebihan, selain memberikan kesan profesional hal ini juga akan memberikan kesan yang baik untuk seorang karyawan baru. Tunda dulu kebiasaan-kebiasaan lama di kantor lama sebelum anda benar-benar mendapatkan kesan apa yang anda harapkan di hari pertama kerja. Aktifkan Handphone dalam posisi silent karena orang-orang di sekitar anda mungkin akan merespon negatif ketika suara ring tones handphone anda terlalu berisik. Plus, hindarkan juga online di sosial network di saat jam kerja dengan teman-teman nongkrong anda yang menanyakan hari pertama kerja anda.
3. Bersosialisasi dengan Rekan Baru
Tak ada waktu terbaik untuk mengeluarkan sisi ekstrovert batin anda daripada hari pertama anda bekerja. Sapalah setiap orang yang berjalan melalui meja anda dengan senyuman, perkenalkan diri dan tanyakan apa peran mereka di perusahaan tersebut. Jika anda termasuk orang yang susah mengingat nama orang dalam sekilas, cobalah untuk mengulang-ngulang namanya dalam sesi percakapan tersebut, selain anda akan membantu mengingat namanya hal itu akan menunjukan bahwa anda ramah dan mendengarkan.
Salah satu moment terbaik untuk mengenal rekan kerja baru anda adalah saat makan siang. Anda bisa minta ijin untuk bergabung dalam satu meja dengan rekan baru kerja anda, ini adalah peluang besar untuk menemui karyawan lain dan menunjukan bahwa anda adalah seorang yang ramah dan bisa di terima dengan baik.
4. Menutup Jam kerja dengan Kesan yang baik
Jika jam kantor anda selesai jam 5 sore, tidak ada salahnya jika anda sedikit berlama-lama dikantor setelah jam kantor walaupun sebenarnya anda ingin segera angkat kaki dari ruangan tersebut. Jadilah orang yang bukan pertama meninggalkan ruangan untuk menunjukan ke rekan kerja anda bahwa anda datang ke situ bukan hanya untuk mengumpulkan gaji tapi juga belajar.
Anda bisa merapikan meja kantor sebelum pulang, menyelesaikan form dokumen dari HRD, membuat catatan yang anda pelajari hari tersebut dan jangan lupa untuk mengingat atau menulis nama-nama orang yang mungkin berhubungan dengan anda di esok harinya.

Congratulation!! You've officially survived on your first day of work. You're well on your way to being a star employee.

3 comments:

Unknown said...

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

Unknown said...

iya memang benar saat kita ingin memulai itu yg sulit,,, tp setelah itu kita akan terbiasa
salam karimalamin.blogspot.com

ajik said...

yang penting gan emosi kita kuat dan otomatis bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru

Post a Comment