Tuesday, April 17, 2012

Do'a Dahlan Iskan untuk Calon Pengusaha

Menjadi korban penipuan adalah pelajaran paling berharga dalam proses menjadi pengusaha untuk mengenali karakter orang , mana yang bisa dipercaya, sedikit dipercaya, hingga sama sekali tidak bisa dipercaya. Bila belum pernah ditipu, bakal sulit untuk berkembang sebagai pengusaha. Lebih baik ditipu saat usaha masih kecil daripada terjadi saat usahanya sudah besar.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, memiliki cara yang paling gampang untuk menularkan cara berbisnis yakni menjadi korban penipuan oleh rekan bisnis.Untuk itu, Dia mendoakan semua para calon pengusaha segera kena tipu, kata Dahlan, di hadapan sekitar 800 peserta pertemuan Program Pengembangan Kapasitas Usaha dari Permodalan Nasional Madani di Graha Tirta Siliwangi, Bandung, Minggu (15/4/2012).

Lontaran yang dikatakan Dahlan ini bukannya tidak beralasan, ini adalah pelajaran sulit namun sangat berharga, untuk memotivasi para pengusaha agar tidak patah semangat ketika usahanya yang baru di rintis sudah ditipu orang, nyaris untuk para calon pengusaha baru yang masih rentan hal ini akan sangat membahayakan mental usahanya.

Dalam acara tersebut Dahlan sempat melakukan wawancara terhadap sembilan orang peserta yang pernah kena tipu. Dia pun bergantian mewawancara para korban penipuan itu, menanyakan kisah di balik penipuan usaha kemudian upaya untuk bangkit. Kesimpulannya, usaha sembilan orang itu kembali bangkit dan bisa tumbuh lebih lancar.

"Intinya adalah ulet dan tidak boleh putus asa. Keadaan apa pun harus tetap jalan," kata Dahlan.

0 comments:

Post a Comment