Tuesday, April 24, 2012

Rahasia Sukses Menjadi Pengusaha

Kunci kesuksesan memulai sebuah bisnis adalah berani menjadikan mimpi kita menjadi ide bisnis yang nyata. Jangan pernah takut gagal dalam memulai bisnis, karena setiap kegagalan akan memberikan pelajaran berharga bagi langkah bisnis Anda.
Kalo kata Bang Somad "daripada wira-wiri jadi pekerja mendingan jadi wira usaha"

Memang jika kita bandingkan antara jadi pengusaha dan karyawan, walaupun sama-sama menghasilkan uang tapi beda 'rasa'nya. Walaupun mungkin sama-sama kerja 9 jam tapi motivasinya lain, jika karyawan kerja 9 jam adalah untuk perusahaan yang nota bene bukan miliknya, tapi seorang pengusaha kerja 9 jam adalah untuk dirinya. ingat  "sembilan dari sepuluh pintu rejeki ada pada perdagangan/usaha" itu kata hadis (Diriwayatkan oleh Ibrahim Al-Harbi dalam Gharib Al-Hadits dari hadits Nu’aim bin ‘Abdirrahman). Itu artinya orang yang memilih usaha sendiri berpeluang mendapatkan rejeki yang lebih banyak dari pada bekerja karena sumbernya lebih banyak, wallahu'alam. Tapi bukan berarti orang yang bekerja lantas menjadi kurang semangat, asal halal dan gede gajinya trus nyaman go ahead, hidup ini banyak pilihan, yang berarti ketika anda menjadi seorang pegawai itu adalah pilihan anda silahkan berkarya lewat status anda sebagai seorang pegawai demi keluarga.

Memiliki usaha sendiri, memberikan keuntungan besar bagi pelaku usahanya. Hal inilah yang memotivasi sebagian kecil masyarakat untuk memilih menjalankan usaha, dibandingkan harus bekerja menjadi seorang karyawan. Namun sayangnya, sampai saat ini jumlah masyarakat yang berani menjalankan bisnis tidak sebanding dengan minat masyarakat yang ingin menjadi karyawan. Mereka selalu menganggap bahwa menjalankan bisnis itu butuh modal besar dan resiko kegagalannya lebih besar. Sehingga mereka memilih jalan aman, dengan menjadi seorang karyawan,atau hanya sekedar menunggu peluang usaha datang menghampirinya. Padahal jika Anda hanya menunggu peluang datang begitu saja, maka sampai kapanpun Anda tidak akan bisa maju. Ketahuilah, bahwa sebenarnya peluang itu tidak selalu datang dengan sendirinya. Sebuah peluang datang ketika kita berusaha untuk mencari dan menciptakannya.

Sebetulnya cara untuk memulai suatu usaha sangatlah mudah dan gratis tanpa biaya sedikitpun. Syaratnya hanya satu, mulailah dengan memiliki sebuah MIMPI. Karena dengan bermimpi Anda dapat menciptakan ide bisnis yang luar biasa, hingga akhirnya ide bisnis tersebut diolah menjadi sebuah peluang usaha baru yang menguntungkan.Tidak semua bisnis membutuhkan modal besar, Anda bisa memulainya dengan menggunakan potensi yang ada di sekitar Anda sebagai modal usaha. Bila Anda tidak memiliki modal besar, salah satu peluang bisnis yang mungkin bisa Anda coba yaitu bisnis rumahan. Memulai bisnis kecil-kecilan dari rumah, bisa membantu Anda menekan biaya operasional sehingga resiko kerugian juga bisa diminimalisir.

0 comments:

Post a Comment